gif creator free

Senin, 26 November 2012

Tips Memilih & Membeli Harddisk PC

Hello sobat blogger, kali ini akang akan memposting tentang Tips Memilih Harddisk PC. Harddisk berfungsi untuk menyimpan data secara permanen dan kapasitasnya cukup besar.Walaupun keberadaannya jarang mendapat perhatian, namun kehadiran harddisk internal pada desktop  PC atau laptop sangatlah vital. Berbagai file seperti foto, musik, video dan dokumen lainnya, dapat anda simpan kedalam hardware ini. Lantas bagaimana jika hard disk internal anda mengalami kerusakan akibat terjatuh atau sudah penuh, sedangkan didalamnya berisi dokumen penting yang tidak mungkin dihapus? Solusi terbaik tentu menggantinya dengan hard disk baru. Nah, berikut tips sederhana yang bisa anda jadikan panduan sebelum membeli media penyimpanan data ini.

1. Tentukan Jenis

Di pusat penjualan komputer, saat ini tersedia dua jenis hard disk internal, yakni Hard Disk Drive (HDD) konvensional dan Solid  State Disk (SSD). Nah, jika ingin sekalian meng-upgrade laptop atau desktop PC anda agar kinerjanya lebih cepat, lebih baik memilih hard disk SSD. Hard disk internal tipe ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan yang masih HDD. Beberapa keunggulannya adalah bobot lebih ringan, akses lebih cepat, baik itu fungsi baca tulis data, transfer data, hingga booting sistem, lebih tahan guncangan, konsumsi listrik yang lebih kecil, lebih hening karena tidak ada bagian yang bergerak, dan masih bisa beroperasi pada suhu tinggi. Namun begitu, SSD juga memiliki kekurangan seperti harganya yang relatif masih mahal, dan kapasitas yang tersedia belum besar. Namun keputusan tetap di tangan anda, terserah mau menggunakan yang jenis mana.

2. Merk Ternama 

Tips cermat memilih Hard disk yang satu ini tidak kalah penting sebelum membeli hard disk internal adalah dari masalah merk carilah hard disk dari vendor-vendor ternama yang memang sudah lama berkecimpung dalam dunia storage, karena mereka sudah pasti memiliki jam terbang tinggi dalam memproduksi hard disk berkualitas. Tapi tentunya anda juga harus memikirkan soal budget yang tersedia. Biasanya, merk dan kualitas selalu berbanding lurus dengan harga. Semakin terkenal merk dan semakin kualitasnya, maka harga yang dibanderol juga akan ikut-ikutan mahal. Namun, kalau dilihat dari segi investasi jangka panjang, tentunya anda akan lebih hemat. Dari pada membeli hard disk yang dipatok dengan harga murah tapi cepat rusak.

3. Kapasitas

Sebelum meluncur ke pusat penjualan komputer, alangkah bijaksananya jika anda menentukan terlebih dahulu beberapa kapasitas hard disk yang akan anda beli. Ruang penyimpanan hard disk ini, nantinya juga dibutuhkan oleh sistem operasi yang anda gunakan, dan kapasitas yang tersisa akan dipakai sebagai tempat penyimpanan data lainnnya. Untuk itu, cari dan belilah hard disk internal dengan kapasitas terbesar yang mampu anda beli. Untuk hard disk jenis HDD, kapasitas yang tersedia cukup bervariasi, mulai dari 80GB hingga 3TB. Sedangkan untuk hard disk tipe SSD, hingga saat ini kapasitas yang tersedia baru sebesar 32GB sampai 480GB. Seberapa besar kapasitas yang dimiliki sebuah hard disk akan berpengaruh terhadap harga.

4. Perhatikan Interface 


Belilah hard disk internal yang sudah dipersenjatai dengan interface SATA III, agar dapat melakukan data-Link hingga kecepatan 600Mbps. Jika hard disk yang anda incar memiliki sata versi II, kecepatan transfernya baru 300Mbps, sedangkan SATA I kecepatannya hanya 150Mbps. Selain itu, SATA III juga sudah dilengkapi dengan teknologi Native Command Queuing (NCQ) terbaru, yang akan membuat hard disk lebih awet dan data akses lebih cepat. Di pasaran, baik hard disk internal jenis HDD maupun SSD, sudah banyak yang sudah dibekali dengan SATA III. Tapi tidak sedikit juga yang masih menggunakan SATA II. Untuk itu, teliti sebelum membeli sangat disarankan!

5. Garansi dan Cari Informasi


Mengingat harganya yang tidak murah, masalah garansi tentunyaa merupakan hal yang tidak boleh anda lupakan. Dengan adanya garansi resmi yang jelas, tentunya anda tidak akan was-was dan tahu harus melapor kemana, jika sewaktu-waktu hard disk yang dibeli bermasalah. Untuk itu, jangan ragu untuk menanyakan hal ini langsung ke penjualnya. Selain itu, cobalah untuk memperbanyak referensi dari media cetak ataupun internet mengenai hard disk  internal yang anda cari.

6. Sesuaikan dengan PC

Sebelum membeli, pastikan PC Anda cocok dengan HDD yang baru. Jika PC Anda kebetulan lawas, kemungkinan CPU yang lamban dan dan RAM yang kecil akan kesulitan menyamai performa HDD tersebut.

7. Slot HD PC

Pastikan casing Anda memiliki ruang kosong. Kebanyakan casing desktop memiliki minimal satu slot drive internal. Jika tak tersedia ruang untuk HDD internal tambahan, artinya Anda tak bisa memakai HDD lama dan baru secara bersamaan.

Demikian Tips Memilih Harddisk dari Kang Adhi semoga membantu dan bermanfaat bagi sobat, terimakasih atas perhatiannya.

Terimakasih kepada SUMBER, artikel dengan Pengubahan.

Oleh : rioadhii pukul 01.07
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk merespon/pertanyaan link rusak atau hasil download corrupt.Dilarang berkomentar SPAM, dan komentar berbau SARA & P*RNO! Komentar yang mencantumkan Link akan dihapus.Terimakasih

 

Anda Pengunjung ke

Diberdayakan oleh Blogger.