gif creator free

Sabtu, 17 Agustus 2013

10 Tips Merawat Laptop Yang Harus Anda Ketahui

Tips Merawat Laptop - Disini Kang Adhi akan memberikan tips merawat Laptop agar usianya menjadi tahan lama.Siapa yang tidak kenal dengan Laptop, nah bagi kamu-kamu yang punya laptop pasti mau kan laptop yang kamu miliki itu tahan lama.Tips ini saya buat berdasarkan pengalaman akang sendiri.Akang menggunakan notebook AS*S seri X45U.Dan selama ini akang selalu menjaga keawetan laptop dari merawat komponen secara hardware maupun software.Yuk, kita simak beberapa tipsnya.

1. Defrag dan Scan Harddisk Secara Berkala

Fungsi dari defrag sendiri adalah mengurutkan atau mengatur program-program agar menjadi berurutan, jika sudah berurutan maka Harddisk juga akan lebih cepat meng-index program yang kamu butuhkan.Misalnya, kamu ingin menjalankan program "S" maka Harddisk akan langsung mencari program "S" langsung ke abjad S,tidak perlu mencari program dengan mencari satu-persatu.Software yang dapat kamu gunakan adalah Disk Defragmenter dari Windows. Caranya klik Start > All Programs > Accesories > System Tools > Disk Defragmenter, lalu klik Analyze, windows akan memberitahu anda jika Harddisk perlu di defrag atau tidak.

Scan atau memindai dapat diartikan sebagai memindai virus yang menginfeksi sistem komputer dan memindai registry-registry yang tidak dibutuhkan.Untuk scan virus, kamu dapat menggunakan software antivirus seperti avast! Free Edition yang akang gunakan sejak tahun 2011 lalu, ada juga AVG, Avira , SmadAV sebagai pendamping untuk virus yang berasal dari Indonesia tapi yang terpenting adalah kamu harus mengupdate definisi antivirus yang kamu miliki.Satu lagi, adalah scan registry. Scan Registry berfungsi untuk menghapus registry-registry yang terpakai.Misalnya, kamu menguninstall sebuah program melalui Control Panel.Nah, dengan menguninstall program, ternyata program tersebut masih meninggalkan jejak-jejak atau disebut history list.Kamu, dapat menggunakan software CCleaner atau software lainnya.Jangan lupa, lakukan diagnosa harddisk kamu dengan cara Klik Start> Run> cmd> CHKDSK untuk mengetahui adakah masalah-masalah di harddisk kamu seperti dumpfiles ataupun Bad Sector. Lakukan tips ini secara berkala minimal 3 minggu sekali.

2. Bersihkan Hardware Yang Terpasang di Laptop Secara Berkala (Min. 2 Bln Sekali)

Perawatan secara Hardware juga tak kalah penting lho sob.Tetapi, selama ini kang adhi melakukan perawatan hardware dengan beberapa batasan, seperti membersihkan Layar,RAM, Fan,Keyboard dan Port-portnya saja. Untuk memperkecil resiko hilangnya "keawetan" sebuah hardware yang memiliki resiko tinggi.Gunakan kain halus seperti kanebo untuk membersihkan layar, tapi jangan menggunakan cairan adhesive atau yang mengandung minyak dan kimia.Gunakan saja cleaner untuk membersihan keping CD dan jangan terlalu banyak, secukupnya saja, jangan sampai kanebonya terlalu basah atau lembab.Gunakan kuas halus untuk membersihkan Fan,Port,Keyboard dan debu yang menempel di permukaan layar.Untuk membersihkan RAM, lepaskan RAM dari tempatnya, bersihkan pin (kaki terbuat dari kuningan) dengan karet penghapus (penghapus pensil).

3. Gunakan Cooling Pad,Keyboard Protectors dan Anti-Gores

Cooling Pad fungsinya sama seperti fan, tetapi ini berfungsi sebagai ekstensi alias tambahan saja, agar laptopmu tetap dingin sehingga dapat memperpanjang umur Processor.Biasanya, cooling pad ini menggunakan konektor USB.
Cooling Pad
Yang kedua namanya Keyboard Protector ini fungsinya untuk menghalangi debu yang masuk ke sela-sela keyboard laptop, sangat mudah ditemukan di toko komputer, ataupun counter HP.
Keyboard Protector
Nah, kalau yang ini namanya Screen Protector berfungsi untuk melindungi layar laptop kamu dari goresan yang mengakibatkan garis atau dot (titik) di layar laptop kamu.
Screen Protector

4. Jangan Letakkan Laptop di dekat Medan Magnet
Medan Magnet ini sangat berbahaya jika kamu meletakkan laptop didekatnya.Akibatnya layar laptop akan mengalami gangguan dalam bentuk dot hitam dan lainnya.Yang lama kelamaan bisa menjadi besar.Pengalaman ini saya dapat dari teman saya yang meletakkan laptop di dekat sound system.

5. Jangan Buka Layar Laptop dengan 1 Tangan

Nah, ini nih yang kebanyakan dilakukan orang.Mereka tidak mau repot atau biasa disebut "kelamaan" jika membuka laptop dengan kedua tangan, padahal ini sangat berpengaruh pada engsel laptop.Engsel laptop akan menjadi kendur jika terus menerus membuka laptop dengan 1 tangan.

6. Upgrade Software dan Hardware sesuai dengan Rekomendasi Merk & Seri

Jika kamu ingin mengupgrade software atau hardware (RAM), pastikan sesuai dengan rekomendasi.Untuk upgrade software, terlebih dahulu lihat minimum system requirements softwarenya.

7. Charge Laptop Jika Indikator Menunjukkan Angka 15%-20%

Jangan charge laptop dibawah angka rekomendasi tadi, apalagi sampai benar-benar 0%, itu akan membuat baterai laptop menjadi drop.Charge laptop juga harus dalam keadaan mati, agar adaptor benar-benar fokus untuk men-charging laptop, jika kamu charging laptop sambil menggunakannya, maka adaptor akan sedikit kerepotan, indikator akan naik-naik lalu sedikit turun.Simulasinya, charge naik 25% - 26% - 27% - 28% dst, lalu turun karena sambil digunakan mejadi 25% - 26% - 27% - 26% - 27% - 28% - 29% - 27% sebab harddisk, processor, RAM juga digunakan.Biarkan laptop dalam keadaan mati jika indikator lampu sudah berwarna hijau, silahkan gunakan kembali.

8. Menggunakan Laptop Tanpa Baterai ?

Ini pertanyaan yang paling banyak saya lihat di situs A&Q. Kebanyakan user menggunakan laptop tanpa baterai, dan terhubung dengan listrik langsung.Jawaban sebenarnya bisa dibilang fifty-fifty, yaitu jika menggunakan laptop dengan baterai dengan keadaan charging walaupun indikator 100% sama juga dengan merusak baterai itu sendiri, dampaknya sama seperti handphone yaitu overcharging meskipun adaptor laptop buatan 2011 keatas sudah memiliki fitur autocut.Baterai akan menggelembung, dan sebaiknya buat alarm di handphone anda jika anda mencharging laptop, hitung sampai dua jam kedepan, karena biasanya baterai laptop akan full charge selama 2 jam.

Jawaban untuk menggunakan tanpa laptop baterai sederhana saja, misalnya, jika dengan baterai maka listrik AC-DC akan diolah melalui adaptor, nah ini tanpa baterai ? apanya yang mau dicharge dan diolah? baterainya saja dilepas.Dampaknya sangat lebih berbahaya, yaitu LCD akan berumur pendek (95% pengalaman teman-teman sesama user laptop) Processor ,Harddisk dan RAM menjadi panas dan menimbulkan gangguan.Jika anda menemui kerusakan seperti ini dan membawa laptop ke Service Center, jawaban dari SC tadi hanyalah "mengganti hardware yang rusak tadi." Bahkan jika terjadi mati listrik dari PLN setempat atau hubungan pendek listrik, laptop akan langsung mati karena tidak ada baterai.Dampaknya pada keseluruhan hardware dan software laptop.

Nah, sekarang tergantung pilihan kamu !
  • Pilihan pertama menggunakan laptop dengan baterai tetapi overcharging dengan resiko kerusakannya antara adaptor dan baterainya.
  • Pilihan kedua menggunakan laptop tanpa baterai dan langsung terhubung dengan listrik, resiko kerusakannya antara  Layar LCD/LED, Processor karena Over-Energy atau Over-Heating, Harddisk, dan RAM
Rekomendasi dari akang adalah tidak memilih kedua-duanya, solusinya mudah kok.
  1. Gunakan UPS, namun karena UPS ini harganya cukup mahal.Ini tidak direkomendasikan untuk user yang kantongnya tidak mencukupi, seperti saya sendiri :)
  2. Jika, anda memang orang sibuk (mahasiswa/i atau pegawai kantoran yang ingin melakukan presentasi) sebaiknya sebelum berangkat ke kampus atau kantor diharapkan laptop di charge full tetapi jangan overcharge dan tentu saja laptop dalam keadaan mati bukan sleep atau hibernate.Mudah kan ?
9. Jangan Menggunakan Laptop sambil Berdiri, Dipangku apalagi Sambil Dipindahkan.

Mengapa sebaiknya jangan? karena jika laptop dalam keadaan hidup, head akan terus berputar diatas platter beraturan untuk membaca dan memproses program-program yang anda butuhkan.Jika digunakan saat berdiri, dipangku apalagi dipindahkan dalam keadaan ON, maka harddisk akan mengalami guncangan (walaupun itu sedikit) yang menyebabkan head menggores platter harddisk secara tidak beraturan, nah bekas goresan inilah yang dinamakan Bad Sector.Yang akan memperlambat kinerja harddisk.Jika ingin menggunakan laptop sebaiknya letakkan ditempat yang tidak mudah bergeser, misalnya meja dengan alas Cooling Pad.Jika ingin dipindahkan sebaiknya laptop di shut-down.Karena jika dalam keadaan mati, head dari harddisk akan terkunci sehingga tidak tergeser walaupun mengalami guncangan.

10. Jika Akan Berpergian ?

Inilah fungsi laptop, yaitu bisa dibawa kemanapun, jika anda ingin berpergian, pastikan baterai Laptop sudah Full, simpan Laptop di tas atau softcase yang tahan guncangan.Pastikan juga laptop dalam keadaan Shut-Down.Jangan pernah pergi membawa laptop dengan keadaan Sleep, Lock atau  Hibernate.Dan jangan satukan laptop dengan gadget lainnya, seperti ponsel , walkman dll di dalam tas. Satu lagi, jangan pernah meletakkan laptop di bagasi dengan keadaan tertimpa barang lain, apalagi anda menduduki laptop. Bisa jadi, Layar laptop akan pecah. 

Demikian, tips tentang merawat laptop yang perlu anda ketahui, tips diatas tidak sepenuhnya dari pengalaman saya.Karena ada beberapa teman-teman blogger yang dengan baik hati membagi tips ini secara gratis :).Saya ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada teman-teman blogger, para reader artikel ini, dan tentu saja pada Allah Swt. karena saya diberi kesempatan kembali setelah 6 bulan vakum dari dunia tulis menulis blogger.^_^

Oleh : rioadhii pukul 00.01
Kategori:

4 komentar:

  1. udah terlanjur rusak laptopnya hehehe

    nice tips

    BalasHapus
  2. In this fashion my partner Wesley Virgin's report launches in this shocking and controversial VIDEO.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to obtain whatever they want.

    These are the EXACT same secrets many famous people (especially those who "come out of nothing") and top business people used to become wealthy and famous.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    That's because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe this thought has even taken place INSIDE OF YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while riding an unregistered, beat-up trash bucket of a car with a suspended license and with $3.20 on his bank card.

    "I'm absolutely fed up with living check to check! When will I become successful?"

    You've taken part in those types of thoughts, isn't it so?

    Your own success story is going to start. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    BalasHapus
  3. In this fashion my partner Wesley Virgin's report launches in this shocking and controversial VIDEO.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to obtain whatever they want.

    These are the EXACT same secrets many famous people (especially those who "come out of nothing") and top business people used to become wealthy and famous.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    That's because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe this thought has even taken place INSIDE OF YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while riding an unregistered, beat-up trash bucket of a car with a suspended license and with $3.20 on his bank card.

    "I'm absolutely fed up with living check to check! When will I become successful?"

    You've taken part in those types of thoughts, isn't it so?

    Your own success story is going to start. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    BalasHapus

  4. UN OTTIMO TESTO DA PARTE DEL MIO BANCHIERE SVIZZERO, OSSIA IL VINCENTISSIMO BANCHIERE ANDREAS NIGG DI BANCA SAFRA SARASIN ZURICH. IN QUESTO SCRITTO, OTTIMAMENTE SGAMANTE IL PEDOFILO ASSASSINO NAZI卐LEGHISTA PAOLO BARRAI DI CRIMINALISSIMA TERRA BITCOIN.
    1

    SALVE. SONO ANDREAS NIGG. VICE PRESIDENT DI BANCA SAFRA SARASIN DI ZURIGO. E VI VOGLIO DIRE CON TUTTE LE MIE FORZE CHE...

    IL LEGHISTA PEDOFILO ED ASSASSINO PAOLO BARRAI (NATO A MILANO IL 28.6.1965), IL LEGHISTA INCULA ED AMMAZZA BAMBINI PAOLO PIETRO BARRAI (NOTO IN TUTTO IL MONDO COME IL PEDOFILO DEL BITCOIN) E' DA ANNI INDAGATO DA PROCURA DI MILANO, PROCURA DI LUGANO, PROCURA DI ZUGO, SCOTLAND YARD LONDRA, FBI NEW YORK, POLICIA CIVIL DI PORTO SEGURO (BR).

    É DAVVERO PEDERASTA ED OMICIDA: PAOLO BARRAI DI CRIMINALE TERRA BITCOIN (O CRIMINALE TERRABITCOIN CLUB)! IL LEGHISTA DELINQUENTE LUCA SOSTEGNI, ARRESTATO, SCAPPAVA IN CITATA PORTO SEGURO (BR), OSSIA, GUARDA CASO, DOVE IL KILLER NAZISTA PAOLO BARRAI HA RICICLATO PARTE DEI 49 MLN € RUBATI DA LEGA LADRONA!

    (ECCONE LE PROVE
    https://oneway2day.files.wordpress.com/2019/01/indagatoaiutalelisteciviche.jpg
    http://www.rotadosertao.com/noticia/10516-porto-seguro-policia-investiga-blogueiro-italiano-suspeito-de-estelionato
    http://noticiasdeportoseguro.blogspot.com/2011/03/quem-e-pietro-paolo-barrai.html )

    É TRUFFATORE, PEDOFILO ED ASSASSINO: PAOLO BARRAI( O TRUFFATORE, PEDOFILO ED ASSASSINO PAOLO PIETRO BARRAI). DI CRIMINALE TERRA BITCOIN (ASSOCIAZIONE CON INTENTO DI FOTTERE, FREGARE, SPENNARE POLLI VIA INTERNET, IL TUTTO VIA NAZIFASCISTA SITO TELEGRAM) E CRIMINALISSIMO BLOG MERCATO LIBERO, ALIAS "MERDATO" LIBERO! INDAGATO, AL MOMENTO, DALLA PROCURA DI MILANO. COME PURE DA PROCURA DI LUGANO, SCOTLAND YARD LONDRA, FBI NEW YORK, POLICIA CIVIL DI PORTO SEGURO (BR).


    HA RICICLATO 21 MLN ASSASSINI DI NDRANGHETA, IN FALLENTISSIMA ICO EIDOO (INSIEME AL MALAVITOSO NATALE FERRARA DI REGGIO CALABRIA O MALAVITOSO NATALE MASSIMILANO FERRARA DI REGGIO CALABRIA, DA DECENNI PUNCIUTO, OSSIA AFFILIATO UFFICIALMENTE ALLA NDRANGHETA, COME PIURE INSIEME AL MALAVITOSO TANTO QUANTO PAOLO CARDENÁ DI FREGA SOLDI BLOG VINCITORI E VINTI, COME PURE INSIEME AL MALAVITOSO TANTO E STRA QUANTO STEFANO BASSI DI FREGA SOLDI BLOG IL GRANDE BLUFF ED INSIEME AL MALAVITOSO FEDERICO IZZI, NOTO COME "ER ZIOROMOLO DELLA CAMORRA", LI VEDETE TUTTI IN FOTO QUI https://3.bp.blogspot.com/-6WRXJQbHe08/WSBR0uTrMLI/AAAAAAAAY2g/L8c3w9GGr3wpG7yWxBBeOohzhWa7iJ7uQCLcB/s1600/18558610_10156258698827281_4591948382498991167_o.jpg )

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar untuk merespon/pertanyaan link rusak atau hasil download corrupt.Dilarang berkomentar SPAM, dan komentar berbau SARA & P*RNO! Komentar yang mencantumkan Link akan dihapus.Terimakasih

 

Anda Pengunjung ke

Diberdayakan oleh Blogger.